Obat Asam Lambung Naik

Penyakit asam lambung naik atau yang juga dikenal dengan GERD merupakan penyakit gangguan yang banyak diderita oleh orang-orang di sekitar kita dan mungkin termasuk salah satu penderitanya adalah Anda sendiri.

Gastro-Esophageal Reflux Disease (GERD) adalah salah satu gangguan pencernaan paling umum yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia di beberapa titik dalam hidup mereka. Tindakan pengobatan terhadap penyakit ini biasanya dilakukan dengan melakukan perubahan pola atau gaya hidup dan juga dengan obat-obatan.

Penyakit GERD umumnya bukanlah penyakit yang dikategorikan sebagai penyakit berbahaya, seringkali dianggap sebagai sakit maag biasa, namun jika dibiarkan begitu saja tanpa pengobatan, gangguan yang terjadi pada lambung ini tentunya dapat menyebabkan kesehatan menurun bahkan hingga mengancam nyawa Anda.

Tidak terbayang mungkin sebelumnya oleh Anda bahwa penyakit asam lambung ternyata dapat mengancam nyawa? Walaupun tidak secara langsung mengancam jiwa, tapi penyakit GERD ini bisa menyebabkan komplikasi berbahaya terhadap organ lain dan bisa berujung ke serangan jantung, stroke, pendarahan dan infeksi bahkan kanker !!!.

Perawatan terhadap GERD biasanya melibatkan obat-obatan yang bekerja dengan mengurangi keasaman lambung oleh menetralkan asam atau dengan mengurangi produksi asam.

Kelompok lain obat disebut prokinetics yang meningkatkan motilitas sistem pencernaan dan dengan demikian memungkinkan makanan untuk ditransmisikan melalui esofagus dan usus lebih cepat. Ini juga mengurangi resiko refluks.

Adapun tindakan medis serta obat-obatan kimia yang digunakan oleh dokter dalam mengatasi GERD biasanya adalah Antasid (menetralkan asam lambung dan mengurangi rasa terbakar akibat asam lambung tinggi). Namun efek samping dari Antasid adalah bahwa obat ini tidak boleh dikonsumsi bersama dengan obat lain karena dapat berinteraksi dan mengurangi efektifitas obat lain. Dan Antasid juga mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap obat-obatan lainnya.

Obat lainnya adalah Alginates (menghasilkan lapisan pelindung yang melindungi lapisan perut dan kerongkongan dari efek asam lambung naik), Omeprazole, Pantoprazole, Rabeprozole dan Lansoprazole. Semuanya bekerja dengan mengurangi asam yang diproduksi oleh lambung. Namun efek samping dari obat-obatan meskipun ringan namun juga membuat pasien tak nyaman seperti sakit kepala, diare, mual, sakit perut, sembelit dll.

Beberapa dokter juga kerap kali memberikan Ranitidine, Simetidin dan Famotidine untuk memblokir efek histamin kimia yang membantu menghasilkan asam lambung. Dengan demikian obat-obatan ini akan mengurangi produksi asam. Efek samping ringan dan termasuk sakit kepala, diare, kelelahan, ruam dan pening.

Jika GERD atau Asam Lambung sudah tak terkendali, maka tindakan Operasi dalam kasus-kasus yang parah akan dianjurkan untuk mengatasi GERD. Proses bedah biasanya akan membuang saraf yang membantu menghasilkan asam lambung. Problem yang mungkin terjadi setelah prosedur operasi adalah kesulitan menelan, perut kembung atau banyak gas, dan kesulitan dalam bersendawa.

Dan untuk membantu mengobati penyakit pada lambung ini sekaligus mencegah kemungkinan komplikasi berbahaya serta tanpa efek samping adalah dengan pengobatan dengan herbal alami, kami perkenalkan kepada Anda GASTRODAWA, ramuan beberapa tanaman herbal alami, yang efektif dan telah terbukti membantu mengobati penyakit GERD atau asam lambung naik ini dengan aman, nyaman dan tanpa efek samping yang mengganggu.

 

 

Leave a Reply